Konsil Kesehatan Tradisional RI Kunjungi Prodi Pengobatan Tradisional Indonesia Fakultas Vokasi UNY

Prodi Pengobatan Tradisional Indonesia UNY pada (7/9) mendapatkan tamu istimewa yakni Ketua Konsil Kesehatan Tradisional Bapak Sunarto, SST FT, Ftr, M.Kes dan anggota konsil Bapak Rachmat, B. Med dalam acara Workshop Bimbingan Teknis Persiapan Uji Kompetensi Kesehatan Tradisional. Acara ini dihadiri oleh segenap Koordinator Prodi, Sekretaris Prodi, jajaran dosen serta seluruh mahasiswa D4 Pengobatan Tradisional Indonesia FV UNY. 

Kunjungan ini bertujuan menyosialisasikan terbentuknya Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) sesuai Keputusan Presiden RI Nomor 31/M Tahun 2022 Tentang Pengangkatan Keanggotaan Konsil Masing-Masing Tenaga Kesehatan, yang saat ini terdapat 11 konsil tenaga kesehatan. Untuk mendukung tugas dan fungsi dari KTKI, anggota konsil dari Konsil Kesehatan Tradisional melakukan road show salah satunya ke Prodi D4 Pengobatan Tradisional Indonesia UNY. 

Sosialisasi tersebut menjelaskan beberapa tugas dan wewenang konsil seperti Pelaksanaan Registrasi Nakes, Penyusunan Standarisasi Nakes, Pembinaan Nakes, Penegakkan Disiplin Praktik Nakes serta Uji Kompetensi Tenaga Nakes Tradisional. Bapak Sunarto selaku Ketua Konsil Kesehatan Tradisional menyampaikan harapannya agar lulusan prodi pengobatan tradisional Indonesia bisa berpraktik baik di Kementerian Kesehatan maupun Layanan Pusat Kesehatan lainnya setelah menyelesaikan pendidikan D4 di Prodi Pengobatan Tradisional Indonesia. Prodi Pengobatan Tradisional Indonesia juga mendapat masukan untuk perbaikan mutu lulusan sehingga dapat menghasilkan lulusan tenaga kesehatan yang professional dan kompeten.