Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK dan Sub CPMK)

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK dan Sub CPMK)

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) adalah pernyataan yang menjelaskan hasil belajar yang diharapkan dari siswa setelah menyelesaikan suatu mata kuliah tertentu. CPMK biasanya terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai oleh siswa untuk memenuhi standar atau kompetensi yang ditetapkan oleh kurikulum atau lembaga pendidikan.

Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CMPK) adalah penjabaran lebih detail dari CPMK yang memecahnya menjadi beberapa aspek atau sub-topik yang lebih spesifik. Sub-CMPK ini biasanya lebih terfokus dan detail dibandingkan dengan CPMK. Tujuan dari Sub-CMPK adalah untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dan rinci tentang apa yang harus dikuasai oleh siswa setelah menyelesaikan suatu mata kuliah.

Dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur, CPMK dan Sub-CMPK biasanya dirumuskan dan diimplementasikan oleh institusi pendidikan sebagai bagian dari kurikulum mereka. CPMK dan Sub-CMPK juga digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan rencana pembelajaran, materi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan metode pengajaran yang efektif. Contoh CPMK dan Sub-CMPK untuk mata kuliah "Budidaya Tanaman Herbal" adalah sebagai berikut:

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

1. CPMK1

Menjelaskan prinsip-prinsip dasar budidaya tanaman herbal

2. CPMK2

Menerapkan teknik budidaya tanaman herbal yang tepat

3. CPMK3

Menganalisis faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman herbal

4. CPMK4

Membuat perencanaan usaha budidaya tanaman herbal yang efektif

 

Tabel 8. Sub-CPMK yang Dirumuskan CPMK pada CPMK di atas

Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sup- CPMK)

1. Sub-CPMK1

Mengidentifikasi jenis-jenis tanaman herbal yang memiliki potensi ekonomi tinggi di Indonesia

2. Sub-CPMK2

Memahami teknik penanaman bibit dan pemeliharaan tanaman herbal yang tepat

3. Sub-CPMK3

Menghitung kebutuhan air dan nutrisi yang diperlukan oleh tanaman herbal dalam berbagai fase pertumbuhan

4. Sub-CPMK4

Membuat desain taman herbal yang menarik dan fungsional

5. Sub-CPMK15

Menyusun perencanaan usaha budidaya tanaman herbal yang meliputi analisis pasar, modal, dan strategi pemasaran.

Dalam contoh diatas, CPMK menjelaskan kemampuan umum yang diharapkan dari mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah, sedangkan Sub-CMPK menjelaskan kemampuan spesifik yang harus dimiliki oleh mahasiswa dalam menguasai setiap topik yang diajarkan dalam mata kuliah tersebut. Dengan demikian, CPMK dan Sub-CMPK dapat membantu memastikan bahwa pembelajaran yang diberikan dapat mencapai tujuan yang diinginkan dan memberikan panduan yang jelas bagi pengajar dan mahasiswa.